Kompetensi

Di KK Desain Produk Industri FSRD ITB terdapat lima jalur kompetensi studi, yang satu sama lain terjalin erat bagi pengembangan ilmu desain produk industri, yakni:

(1) Desain Produk dan Faktor Manusia (Product Design and Human Factors) Keahlian di bidang ergonomi produk dan pengetahuan yang mendalam tentang unsur-unsur kemampuan manusia dalam berinteraksi dengan produk. Studi tentang ini adalah dalam rangka mencapai tujuan keamanan dan kenyamanan fungsi produk.

(2) Desain Produk dan Aplikasi Teknologi (Product Design and Applied Technology) Keahlian dalam menerapkan logika dan prinsip-prinsip teknologi dalam perancangan produk, khususnya dalam penentuan material, penetapan struktur dan kinerja fisik produk.

(3) Desain Produk dan Budaya Material (Product Design and Material Culture) Keahlian dalam mengidentifikasi nilai, identitas dan potensi budaya suatu masyarakat, pemberdayaan masyarakat melalui perancangan produk, serta kajian teoritis terhadap perkembangan desain produk.

(4) Desain Produk, Sistem dan Manajemen (Product Design, System and Management) Keahlian dalam sistem koordinasi dan pemahaman terhadap segala aspek perencanaan, pembuatan, perlindungan intelektual, pemasaran produk agar tercapai tujuan keberhasilan desainnya.

(5) Desain Produk dan Lingkungan Binaan (Product Design for Environment) Keahlian dalam penerapan pengetahuan tentang kenyamanan sarana hunian, karakteristik komunitas, lingkungan, serta prinsip keberlanjutan dalam perancangan produk.