• Kolaborasi Desain Produk dengan Casio Design Center

    Posted on January 23, 2014 by in Berita

    Casio-Kick-off-Poster

    Desain Produk FSRD ITB menjalin kerja sama pengembangan desain dengan Casio Design Center dan Chiba University. Kerja sama ini berlangsung sejak Januari hingga Mei 2014. Kesepakatan untuk mengembangkan desain produk secara bersama ini merupakan kelanjutan hasil pertemuan antara Dr. Dudy Wiyancoko (Desain Produk FSRD ITB), Prof. Kenta Onno (Product Design Chiba University) dan Hideki Sakurai Casio Design Center di Tokyo 23 Oktober 2013.

    Target kolaborasi desain produk ini adalah untuk mengembangkan desain produk inovatif untuk alat musik digital (Digi-music instrument). Casio sebagai industri produk elektronik Jepang yang berskala dunia dikenal memiliki rentang jenis produk yang luas, mulai dari kalkulator, jam tangan, projector, hingga alat musik digital. Indonesia merupakan rujukan penting bagi Casio menimbang reputasi Indonesia yang dikenal sebagai negara kaya akan kebudayaan, dan mempunyai keragaman jenis musik dari yang tradisional hingga modern. Selain itu Indonesia dipandang sebagai sumber kreativitas yang penting, di samping memiliki potensi pasar yang tinggi. Atas dasar pertimbangan inilah kerja sama pengembangan desain ini dilakukan.

    Casio Workshop

    Secara simbolik, kerja sama ini dibuka pada tanggal 15 Januari 2014 di Ruang Seminar FSRD ITB. Proses dimulai dengan beberapa ceramah pengantar tentang Casio, filosofi desain Casio dan penjelasan teknis tentang proses desain yang akan dilaksanakan. Secara umum prosesnya terbagi menjadi tiga tahap, yakni: (1) Identifikasi masalah desain melalui survey lapangan, (2) perumusan konsep desain, hingga (3) pengembangan desain.

    Di tahap awal, tahap identifikasi masalah, telah dihadirkan tim Chiba University yang terdiri dari seorang profesor dan tujuh mahasiswa desain produk tingkat master. Mereka bersama dengan staf pengajar, asisten dan 12 mahasiswa desain produk ITB melakukan survei terkait tema alat musik digital di Bandung. Seluruh proses ini dipandu langsung oleh desainer-desainer produk senior dari Casio Design Center. Survei yang dilakukan pada prinsipnya berupa pengumpulan data dan gagasan dari sudut pandang pengguna, pemusik, pemerhati musik, pasar alat musik dan masyarakat awam. Hasil dari survei selama seminggu ini kemudian diterjemahkan menjadi berbagai gagasan desain yang akan dikembangkan menjadi produk inovatif Casio. Selanjutnya di bulan Mei 2014, tim Desain Produk FSRD ITB akan bertandang ke Casio Design Center Tokyo untuk mempresentasikan hasil pengembangan desain akhir.

Leave a Reply