• Join Product Development (JPD)

    Posted on July 5, 2006 by in Karya Desain

     JOIN PRODUCT DEVELOPMENT (JPD)

    Kemitraan Industri, KK Manusia dan Desain Produk Industri FSRD ITB
    Indonesia Home Theater Set 2006
    Desain Produk Industri ITB – PT. LG Electronics Indonesia

     

    Tujuan JPD (Join Product Development) ini adalah mendesain produk baru sekaligus memproduksi home-theater set yang sesuai dengan pasar kelas menengah dan bawah masyarakat Indonesia. Pendekatan yang ditawarkan oleh Tim ITB adalah pendekatan kebudayaan, yakni dengan melakukan survey langsung ke konsumen untuk merekam perilaku, dan memperoleh nilai-nilai budaya yang terkait dengan produk Home-Theater di Indonesia.

    Melalui 6 bulan kerja di ITB maupun di pabrik LG di Kawasan Industri Cibitung, dihasilkan berbagai alternatif ide desain dan mock-up yang selanjutnya ditawarkan ke LG Design Center di Korea. Hasil dari pengembangan desain ini adalah “Indonesia Home Theater Set yang memiliki nilai lebih, yakni 5 speakers yang memungkinkan semua terangkai sebagai satu kesatuan bentuk untuk ditempatkan di depan pandangan mata. Totalitas bentuk home theater menjadi lebih besar, dan bisa menjadi aksen penting bagi interior ruang tivi keluarga kelas menengah-bawah. Selain itu produk ini tetap berpegang pada syarat kemudahan diproduksi, murah di pasaran dan tetap mempertahankan identitas visual produk LG.

    Produk ini diproduksi sebagai tipe LHT 3602 ME dan diekspor ke berbagai dunia, memperoleh LG Global Silver Award – Audio-Visual karena tingkat penjualannya yang tinggi. Tim LG Electronics Indonesia terdiri dari Praka, Dino Fabriant, dll, sedangkan Tim Desain Produk Industri ITB terdiri dari: Dr. Dudy Wiyancoko, M. Ihsan DRSAS, M.Sn., Ir. Taufiq Widjanarko, M.Sc., Bismo Djelatik, M.Ds, Denis Nugraha, Harmein Khagi, Heidi Agasti, Rilies Kelviana, Billy Sadr, Rian Satya, Amelia, Eugenio Hendro, dan Wes Diarman.

Comments are closed.